LAPORAN UPK MULTIMEDIA CD PEMBELAJARAN FLASH

LAPORAN UPK MULTIMEDIA
CD PEMBELAJARAN FLASH

BAB I
PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang
Ujian praktik kejuruan (upk) multimedia adalah salah satu syarat kelulusan yang harus di lakukan siwa-siswi kelas XII dengan program kejuruan multimedia  SMK CORDOVA. Oleh karena itu, siswa-siswi smk cordova harus mampu menghasilkan sebuah hasil dari syarat kelulusan tersebut. Dengan di adakan upk ini di harapkan dapat menambah kreatifitas siswa dan kelak dapat menghasilkan karya yang lebih baik.
Pemanfaatan teknologi dalam media pembelajaran sudah sangat berkembang di bandingkan dari awal kemunculanya. Teknologi  saat ini berkembang sangat pesat  khususnya dalam bidang komputer, Baik dari Software maupun hardware. Dengan adanya perangkat lunak yang cukup mendukung dan  cukup banyak pelaku teknologi khususnya di  dalam bidang multimedia dapat menciptakan suatu objek yang dapat di gunakan di masyarakat dan untuk menambah wawasan dalam bidang mencari ilmu melalui teknologi yang semakin maju.
Untuk penyusunan proyek akhir ini penulis mencoba menerapkan ilmu-ilmu yang diperoleh dari sekolah. Penulis memanfaatkan Software Adobe Flash Professional CS 5 yang terkenal unggul dibidang animasi interaktif dan di bantu dengan software-software lain yang berbasis multimedia, dengan tambahan audio dan efek-efek yang menarik.
Kali ini penulis memberanikan diri untuk menciptakan sebuah karya produk multimedia yang atraktif  yaitu  media pembelajaran cd interaktif  yang bertema belajar membaca bhs inggris untuk anak-anak, penulis terinspirasi dari semakin majunya dan pentingnya bhs inggris di jaman yang semakin maju dan ingin mengajarkan para anak-anak yang menjadi investasi bangsa menjadi orang yang berilmu,berpengalaman dan berwawasan lebih luas sejak dini. Cd interaktif pembelajaran ini di dalamnya terdapat cara membaca dan mengenal obyek-obyek dengan bahasa inggris yang benar dan mengasyikkan, dan akan memberi pembelajaran yang insyaallah berguna bagi pengguna(user).
SMK CORDOVA adalah sekolah menengah kejurun yang berada di jalan polgarut selatan Km.4 kajen margoyoso pati. Dengan program kejuruan multimedia, farmasi dan teknik sepeda motor.di bawah naungan KH.Ahmad zakky fu’ad abdillah pengurus dari yayasan al-zahra hajain menjadikan smk cordova satu-satunya sekolah di desa kajen yang berbasis pondok  pesantren.

1.2  Tujuan pembuatan proyek akhir
Tujuan di adakanya UPK pada siswa-siswi adalah untuk mencetak pelajar agar,apa yang telah di dapatkan dari mata pelajaran dalam keahlian multimedia dari kelas X sampai XII bisa di manfaatkan dan di praktekan di depan para penguji. Sehingga siswa-siswi di tutut agar bisa mempersiapkan materi secara matang. Dan tujuan yang ingin di capai penulis dalam pembuatan CD Pembelajaran belajar bahasa inggris adalah: memberikan pengetahuan lebih dari belajar bahasa inggris untuk anak-anak.
1.3  Manfaat Proyek Akhir
Pembuatan program aplikasi ini di harapkann mampu memberikan informasi bagi  penulis ,sekolah maupun masyarakat luas.
a.       Bagi penulis
Mampu menerapkan dan mengembangkan ilmu yang telah di peroleh di sekolah serta mampu wawasasnn penulis tentang kajian-kajian yang di peoleh diluar lingkungan sekolah untuk medukung pembuatan aplikasi ini.

b.      Bagi sekolah
Dapat dijadikan salah satu tolak ukur,sampai di mana keberhasilan sekolah maupun misi dalam pengembangan proses belajar mengajar

c.       Pembaca atau pengguna (User)
Menambah pengetahuan bagi pembaca atau pengguan ayang memerlukan, khususnya di bidang mulrimedia.
Dapat di jadikan sebagai bahan ajaran, dan untuk menambah wawasan dan ilmu pengetahuan dasar tentang hewan dan makananya.

1.4  Sistematika Penulisan
 Sistem penulisan ini terdiri dari beberapa bab, yaitu
 BAB I: PENDAHULUAN
      Bab ini berisi latar belakang masalah, batasan masalah tujuan penelitian, Manfaat penelitian metodologi penelitian dan sistematika penulisan
.
BAB II: KONSEP BERKARYA/LANDASAN TEORI
Bab ini berisi tentang pembahasan metode penciptaan karya dari pemilihan alat dan bahan, menguraikan proses berkarya. Menampilkan identitas perangkat lunak dan perangkat keras.

BAB  IV:PENUTUP
Bab ini berisikan kesimpulan yang di peroleh dari pemecahan masalah maupun penelitian serta saran-saran sebagai masukan untuk peneliti yang akan melanjutkan atau mengembangkan penelitian.


BAB II
LANDASAN TEORI
2.1  Teori jenis karya
Teknologi multimedia iteraktif di manfaakan untuk menampilkan gaya baru dalam memberikan informasi yang lebih efisien untuk dapat di terima dan di pahami. Multimedia merupakan sarana media informasi yang terdiri dari gabungan beberapa elemen yaitu texr, video, gambar, dan audio
Jenis karya yang di hasilkan penulis adalah cd pembelajaran berbentuk CD
Yang merupakan salah satu media promosi dan informasi yang lebih efisien dan cepat di terima oleh seseorangkarena tampilanya yang sudah lebih baik  di bandingkan deng n cd pembelajaran dengan media cetak.
 Keunggulan cd pembelajaran dalam bentuk CD Interaktif
 Beberapa Keunggulan Cd pembelajaran dalam bentuk CD Interaktif
Sebagai berikut:

a.       Keunggulan CD Interaktif
Berikut Beberapa keunggulan CD Interaktif:
Masing-masing data pada dasarnya akan linked dengan data lain, tetapi hanya data yang mempunyai hubungan dengan data pribadi saja yang aktif. Contohnya, meskipun didalam isi akan berisi file kelas lain tetapi jika tidak mempunyai fasilitas linked maka data tidak dapat tersaji.
b.      Full Color dan Hidup
Mulai dari Cover sampai dengan isi album, setiap halamanya akan disajikan secara full color baik teks, gambar, foto maupun video. Sama sama menggunakan video namun terdapat sedikit perbedaan konsep disini. Fasilitas video dalam CD interaktif hanya akan aktif saat di-klik, berbeda dengan video dalam VCD yang informasinya mengalir sesuai scenario. CD interaktif didesain agar pengguna dapat secara aktif mengklik informasi yang dibutuhkan saja. Sedangkan bentuk VCD hanya menempatkan kita sebagai penonton. Dengan demikian, format CD interaktif ini akan lebih memberikan nuansa hidup dan interaktif dalam warna-warni sesungguhnya.
c.       Kapasitas besar
CD interaktif memberikan keunggulan kapasitas informasi yang sangat besar. Dengan kapasitas sebesar 700 Mb, memungkinkan untuk dapat memasukkan informasi aktif sekolah dengan berbagai aspek organisasi dan data sekolah hanya dapat satu keping. Dengan kapasitas itu jika dibuat dalam bentuk buku, maka akan memakan tempat dan biaya yang sangat besar.
d.      kelemahan CD Interaktif

Dibalik keunggulan fitur-fiturnya pengaplikasian CD interaktif juga mempunyai kelemahan. Sisi kelemahan terletak pada masalah alat/tools. CD interaktif hanya dapat dinikmati dengan menggunakan komputer (PC) atau Notebook dengan fasilitas CD-ROM, dan tidak dapat dinyalakan menggunakan VCD Player, dimana sebagian besar masyarakat mempunyai VCD Player. Namun format VCD juga kelemahan mendasar, yaitu hanya tersaji dalam satu sequence waktu, tisak interaktif hanya kreatif, terutama untuk format personal.
2.2  Pengenalan Software adobe flash cs 5


    Berikut ini adalah tampilan antarmuka Adobe flash cs5, Yang di gunakan oleh penulis membuat proyek akhir.
Gambar 2.1 Tampilan antar muka

Feture Terbaru pada Adobe flash cs5
1.      Productivity
Memiliki produktivitas yang lebih pada time line, yang disertai effect Copy to Grid yang dapat mengcopy data lebih dari satu, distributed duplicate, blur, drop, shadow, expand, explode.
2.      Rich Media Support
Feature yang disediakan untuk melakukan presentasi multimedia adalah High-Fidelity import, yaitu mengimpor file EPS, Aobe PDF dan Adobe Illustrator.
3.      Publishing
Kemudian untuk mendeteksi versi Flash Player dan juga penempatan file pada beberapa file pada beberapa director yang berbeda setiap file yang di publish
Komponen / panel pada Adobe cs5
a.     A. Tools
Perkakas atau peralatan yang memiliki pengaruh besar dalam pekerjaan.

a.   B. Properties
Sebagai penunjuk property suatu alat pada jendela Tppls atau jendela yang lain.
Gambar 2.3 Jendela properties
a.       Timeline
Mengatur kecepatan gerak animasi atau movie, Flash menggunakan kecepatan 12 fps (Frame per second) yang berarti tiap satu detik menjalankan 12 frame
Gambar 2.4 Panel properties

a)      Help
Fasilitas search membantu dalam menemukan dengan cepat tentang masalah cara menuliskan script dengan Action Script.
b)      Library
Feature sebagai penampung segala objek seperti Instance Button, Graphic, Movie Clip, dan Sound.
c)      Design Panel
Panel yang akan digunakan untuk mendesain suatu movie.
d)     Development Panel
Development ini lebih berguna untuk mengoperasikan script dalam web programming.
e)      Other Panel
f)       Panel yang ada di dalam panel ini tidak diperuntukkan bagi developing atau design.
g)      Toolbar
Pada tool bar controller digunakan untuk mengedit scene, instance, dan
tampilan untuk stage. 
a)      Button
Adalah jenis symbol berupa objek statis (diam) atau objek beranimasi yang berfunsi sebagai objek berupa tombol operasional untuk menjalankan perintah-perintah tertentu.

b)      Movie clip
Adalah jenis symbol berupa objek-objek yang memiliki karakteristik sebagai objek yang beranimasi.



BAB III
METODE PENCIPTAAN KARYA

3.I    Identifikasi Perangkat Keras
               Perangkat Keras:
· Prosesor         : Intel ® Core ™ i3
· RAM             : 2.00 GB
· Harddisk       : 500 GB
3.2    Identifikasi Perangkat Lunak
   Perangkat Lunak System        : Windows 7 – 64 Bit
   Software Pendukung              : Adobe Flash CS 5
             3.3  Identifikasi Bahan
Dalam Proses Pembuatan CD Interaktif Pembelajaran ini Penulis Menggunakan  aplikasi Adobe Flash CS 5 Secara Keseluruhan .
             3.4 Skenario
Judul                              : Mengenal hewan dan makanya
Durasi                            :
Jenis Tayangan: CD Interaktif Pembelajaran.
Format                           : Aplikasi
Skenario                         : M. Arif. Ridwan
Sutradara                       :  M. Arif. Ridwan
                     Tema                              :  Belajar ipa dan mengenal hewan dan jenis makananya
Ide Pokok                      : Sebagai Sarana Pembelajaran yang menyenangkan dan  menarik


            3.5  Proses atau prosedur berkarya
Mulai membuat deesai pembelajaran dengan menggunakan software utama yaitu adobe Flash CS3 profesional. Penulis mendesain CD pembelajaran yang terdiri dari background, tombol, animasi, dan sound.

a)      Design Background Penulis mendesain background menyesuaikan dengan warna yang umumnya disukai anak-anak
·         Tampilan Opening
Gambar 3.1 Tampilan awal
b)      Tampilan Menu Utama
Gambar 3.2 Tampilan menu utama
c)      Tampilan materi belajar

Gambar 3.3 Tampilan materi pembelajaran
d)      Tampilan bermain mengenal hewan
Gambar 3.4 Tampilan bermain pengenalan hewan

e)      Tampilan belajar mengenal tumbuhan
Gambar 3.5 Tampilan belajar mengenal tumbuh-tumbuhan
f)      Tampilan Test/latihan soal

Gambar 3.6 Tampilan Test/latihan soal


Tampilan Profil

  
Gambar 3.7 Tampilan Profil

·         Design Sound
·         Sound yang di gunakan adalah berupa sound untuk backsound dengan format mp3, sound efek tombol dengan format mp3 sesuai materi yang disampaikan.
·         Membuat CD Pembelajaran dengan software Adobe Flash cs5.Untuk mempermudah pembuatan CD Pembelajaran penulis mengacu kepada sketsa / struktur file/story board.
·         Melakukan finishing terhadap file yang telah dibuat, dengan cara mengecek teks yang sudah ada, mengecek tombol-tombol, animasi, sound, image dan link antar muka. Setelah semua benar dan cukup untuk diproduksi, file asli (.fla) dari Adobe Flash di publish menjadi format exe
·         Memindahkan  file-file yang berisikan file kedalam CD lalu di burning menggunakan software tertentu dengan format data.
·         Mendesain dan membuat CD cover box dengan menggunakan software Adobe Photoshop CS3 dan Membuat CD label dengan menggunakan software CorelDraw X4.
·         Memasukkan CD Pembelajaran yang telah di burning ke dalam kotak CD yang telah di desain dengan covernya dan CD labelnya.
            3.6 Storyboard
          Storyboard adalah rencana visualisasi dari suatu cerita yang merupakan inspirasi dan jiwa dari suatu film atau video. Storyboard menjadi bagian yang penting dalam produksi sebuah film. Setiap gambar atau sketsa berkaitan dengan semua informasi penting tentang masing-masing shot dan mendefinisikan tampilan singular yang ingin dicapai.











TUTORIAL TERBARU:

0 Response to "LAPORAN UPK MULTIMEDIA CD PEMBELAJARAN FLASH"

Post a Comment