Cara membuat dan memasukkan rumus di dalam microsot exel


Cara membuat dan memasukkan rumus di dalam microsot exel


Assalamaualaikum, Alhamdulillah pada kesempatan kali ini saya dapat membuat suatu postingan tantang cara membuat rumus dan memasukkan rumus Microsoft exel. Saat kita bekerja menggunakan aplikasi berbasis pengolah data Microsoft exel kita dapat menghitung data dengan menggunakan runnus yang di brntuk dari operator data atau terdiri beberapa fungsi. Microsof exel ini menyediakan banyk fungsi yang dapat kita gunakan dalam rumus untuk penjumlahan ini. Rumus yang akan kita buat/bentuk kali ini dapat ditulis pada bagian formula bar atau dngan menggunakan fasilitas function wizard MS Exel. Dalam Microsoft exel kita dapat mengawali penulisn dengan tanda =(sama dengan)
Dan kita dapat memanaatkan operator maematika untuk membangun suatu rumus. Urutan derajat pembacaan operator matematika yang dapat kita gunakan untuk membangun suatu rumus dan contoh-contoh penulisan rumus matematika sederhana adalah sebagai berikut.

Operator ()memiliki fungsi menggelompokan operasi matematika.
Contoh:
=(3+7)*(30/3)
Operator * dan/ memiliki fungsi perkalian dan pembagian contoh:
=70*7
=21/3
Operator + dan – memiliki fungsi penjumlahan dan pengurangan .
Contoh:
=7**4
=7^4
Operator % memiliki fungsi persen.
Contoh:
=”maju”&”jaya”
Pada kondisi default, Microsoft exel menghitung rumus dari kiri ke kanan. Di mulai dari symbol sama dengan (=)
Meskipun begitu. Kita dapat mengatur bagaimana perhitungan suatu rumus akan di kalikan. Inilah yang di sebut dengan prioriatas operasi matemarika dengan menggunakan tanda dalam kurung.
Sebagai contoh, rumus =5+10*2 akan meghasikan nilai 25 karena Microsoft exel akan melakukan operasi perkalian terlebih dahulu sebelum operasi penambahan. Jadi angka 10 akan di kalikan dengan angka 2, hasilnya 20, baru kemudian di tambahkan dengan nilai 5 hasilnya 25.
Contoh lainya, rumus =(5+10)*2 akan menghasilkan nilai 30 karena Microsoft exel akan mendahulukan operasi matematika ang terletak di dlam kurung dengan hasil 15. Baru kemudian mengalikanya dengan angka 2 hasilnya 30.
Cara memasukkan rumus
                Sekarang ita dapat membuat beberapa fariasi rumus, mulai dari rumus matematika yang sderhana dengan operator matematika. Sampai dengan rumus matematika yang lebih kompleks.
Di bawah ini merupakan salah satu contoh langkah-langkah memaukkan rumus dalam lemnbar kerja Microsoft exel.
Jika masing-masing cell sudah terisi angka dan kita akan mengoperasikan angka pada cell tersebut.kita tidak perlumengetikan angkanya lagi, namun cukup di klik saja cellnya, kemudian di ikuti simbul rumusnya dan perhatikan contoh di bawah ini
1.       Klik suatu cell yang akan anda gunakan untuk mnempung hasil perhitungan cell
2.       Ketik lambing = (sama dengan) untuk mengawali penulisan rumus
3.       Masukkan rumus yang ajkan di gunakan pada contoh di bawah ini meruakan contoh penjumlahan laki-laki dan perempuan. Jadi setelah menetik tanda = lanjutkan dengan klik pada cell aangka 20, kemudian tuliks tanda +lalu klik cell angka 30, kemudian tekan tombol enter pada keyboard



















Tekan enter maka hasilnya akan langsung muncul, seperti gambar di bawah ini pada cell akanmuncul hasilnya. namun pada formula bar tetap tampil rumus aslinya yaitu penjumlahan antara cell yang berisi angaka 20 dan cell yang berisi angka 30 atau cell c8+D8
















Definisi cell atau sell
Dalam artikel yang saya tulis kali ini di sebut istilah cell atau sell, sebenarnya apa sih sell itu?.,.,., Pengertian singkatnya. Sell adalah setiap alamat kotak yang merupakan gabungan antara kolom dan baris. Seperti pada contoh di atas cell C8 berarti gabungan antara kolom C dan baris ke 8 dan D8 berarti gabungan antarqa kolom D dan baris ke 8.
Perhatikan gambar di bawah ini
,.,
Utuk selanjunya anda dapat mencoba dan mengutak-ngatiknya sendiri sambil praktek.  Dan anda bias mengkombiinasikan rumus yang lebih kompleks lagi sesuai dengan kebutuhan anda. Selamat mencoba. Semoga sedikit penjelasan kali ini dapat membantu anda penjelasan mengenai cara memasukkan rumus pada Microsoft exel.

Sekian dari saya . Wassalam.,.,.,.,,.,.,.,GOOD LUCK……… 


TUTORIAL TERBARU:

0 Response to "Cara membuat dan memasukkan rumus di dalam microsot exel"

Post a Comment