CARA MEMBUAT ANIMASI HUJAN FLASH

CARA MEMBUAT ANIMASI HUJAN

Assalamualaikum….bertemu lagi dengan kita semua, belajar bareng, kali ini kita akan membahas sebuah teknik cara membuat animasi hujan dengan cara yang mudah dan menyenangkan.
Membuan animasi hujan mengunakan flash sebenarnya mudah dan menyenangkan, di sini kita menggunakan action script untuk mendublikat movie clip menjadi banyak dan mengatur jatuhnya movie clip secara acak . namun pembuatan animasi ini menggunakan action script yang lebih panjang.
Langkah 1
Buatlah sebuah document flash baru, kemudian tentukan ukuran stage sesuai keinginan anda. Karena ukuran stage tidak berpengaruh pada hasil akhir. Kali ini penulis menggunakan ukruran stage defauld yaitu 550x400 pixel.

Lanhkah 2

Pada frame pertama buat sebuah object seperti di bawah inin dengan menggunakan oval tool. Kemudian atur dimensinya menjadi 2x10 pixel, anggap saja object tersebut sebagai titik air.



































Langkah3
Konvert objek menjadi movie clip, seleksi objek>klik kanan>convert to symbol. Kemudian pada kotak dialog yang muncul ketikkan “titik air”sebagai namadan  pastikan radio button movie clip terpilih dan klik ok.
 Catatan: Pemberian nama yang berbeda tidak akan berpengaruh pada hasil akhir
Langkah 4
Pada panel library, klik kanan movie clip”titik air” yang baru saja di buat dan klik lingkage. Kemudian jika panel library belum muncul klik menu WINDOW >library atau tekan tombol ctrl+L pada keyboard















Langkah 5
Pada kotak dialog lingkage properties, ketikkan”hujan_id” sebagai mana identifiernya dan pada opsi lingkage pilih export for action script sehingga opsi export in first frame juga ikut terpilih













Langkah 6
Arahkan mouse anda ke timeline, buatlah sebuah layer baru yang bernama “action” klik frame pertama pada layer tersebut klik tombol f9 atau klik menu window >actions untuk membuat panel actions, kemudian masukkan action script derikut:




















var kecepatan_hujan:Number = 10;
var intensitas_hujan:Number = 90;
for (i=0; i<=intensitas_hujan; i++) {
_root.attachMovie("hujan_id", "hujan"+i, 
_root.getNextHighestDepth(), 
{_x:Math.random()*Stage.width, 
_y:Math.random()*Stage.height});
}
buatHujan = function () {
for (i=0; i<=intensitas_hujan; i++) {
_root["hujan"+i]._y += kecepatan_hujan;
if (_root["hujan"+i]._y>Stage.height) {
_root["hujan"+i]._y = 0;
}
}
};
setInterval(buatHujan, 30);
_root.onEnterFrame = function() {
buatHujan();
};




Langkah 7
Kemudian Tekan tombol ctrl+enter untuk meihat hasilnya…..
Catatan: anda dapat mengubah kecepatan turunya hujan dan intensitasnya, (banyaknya titik-titik air yang jatuh) dengan cara mengubah nilai action script pada baris 1 dan baris 2. Jika semakin tinggi nilainya maka semakin cepat dan makin banyak air hujan yang turun.
Terimakasih selamat mencoba?.,.,.,.jangan putus asa
Good luct

TUTORIAL TERBARU:

0 Response to "CARA MEMBUAT ANIMASI HUJAN FLASH"

Post a Comment