TUTORIAL MEMBUAT GAME SEDERHANA MENGGERAKAN BOLA MENGGUNAKAN MOUSE

TUTORIAL MEMBUAT GAME SEDERHANA MENGGERAKAN BOLA MENGGUNAKAN MOUSE


Assalamualaikum….bertemu lagi dengan kita semua, belajar bareng, kali ini kita akan membahas sebuah teknik membuat game yang sederhana. Yaitu membuat game menggerakkan bola menggunakan maose

Permainan ini permainan sederhana yang sangat mudah,intinya kita hanya mengambil crystal yang muncul dan sambil menghindari bola yang sedang bergerak. Dengan kecepatan bola yang sedang bergerak dan ukuran pemainan. Anda hanya cukup menggerakkan mouse anda saja. Mudah bukan?

Langkah 1.
Buatlah sebuah document flash baru dengan cara , buka software flash                 anda kemudian create document lalu pilih flash document

Langkah 2.
Buatlah sebuah objek lingkaran dengan warna sesuka anda, di sini saya menggunakan warna merah dan warna biru saya gunakan sebagai warna garisnya, kemudian seleksi objek lingkaran tersebut kemudian anda tekan f8. Kemudian pada panel yang muncul, lalu anda masukkan nama “bola” sebagai name dan buatlah objek bola ersebut menjadi movie clipt. Dengan cara seleksi objek lingkaran tersebut kemudian tekan tombol f8 lalu plih movie clipt, kemudian tekan tombol ok

Langkah3
Kemudian anda seleksi object lingkaran yang sudah di movie clipt, kemudian anda tekan ctrl+f3, kemudian pada panel properties yang muncul kemudian masukkan nama bola sebagai instance name

Langkah 4.
Kemudian buatlah sebuah kotak yang di sini saya menggunakan warna biru dan warna hitam sebagai warna garis. Kemudian anda seleksi dengan menekan tombol ctrl+f8. Kemudian pada panel yang muncul anda masukkan “pemain” sebagai nama dan sebagai movie clipt 

Langkah5.
Kemudian anda Seleksi movie clip pemain di stage dan di panel properties kemudian masukkan nama pemain sebagai instance name.

Langkah6.
kemudian anda buatlah objek berbentuk  belah ketupat dan beri warna, di sini saya memberi warna putih dengan hitam sebagai warna garisnya.kemudian anda Seleksi objek belah ketupat ini dengan cara tekan f8.kemudian Pada panel yang muncul masukkan item sebagai name dan movie clip sebgai type. kemudian tekan ok.kemudian anda Hapus movie clip item dari stage

Langkah7.
Kemudian anda Tekan ctrl+L pada panel library yang sudah muncul kemudian anda klik kanan pilih movie clip item kemudian anda pilih linkage. Kemudian Pada panel yang muncul

anda berikan tanda contreng pada export far actionScript dan masukkan item sebagai identifier setelah itu anda tekan ok.

     Langkah8.
     Kemudian Buatlah sebuah dynamic text. Kemudian anda seleksi dynamic text itu dan      pada panel properties kemudian anda masukkan scor game sebagai far dan                    nonatifkan tombol selectable.


     langkah9.
     kemudian anda Letakkan seluruh objek  yang telah di buat tadi seperti gambar di            bawah

     Langkah10.
     kemudian anda Seleksi pada frame 2 kemudian tekan f7. Pastikan anda masih berada di      frame2 kemudian buatlah 2 buah static text yang masing-masing bertuliskan game over        dan pemain menabrak bola.

Langkah11.
Buatlah sebuah dynamic text, seleksi dynamic text ini dan kemudian pada tombol panel properties masukkan scor akhir sebagai var dan nokatifkan tombol selectable.

12. buatlah sebuah dynamic text bertuliskan main lagi. Kemudian anda seleksi dynamic text betuliskan main lagi dan pada panel properties nonaktifkan tombol selectable dan aktifkan tombolshoe border around text.

13. pastikan anda masih menyeleksi dynamic text bertuliskan main lagi kemudian tekan F8. Pada panel yang mncul masukkan tulisan main lagi_btn sebagai name dan button sebagai type lalu tekan ok.

14. seleksi button mail lagi_btn di stage dan pada panel properties masukan main lagi_btn
Sebagai instace name.

15. Atur besar dan letak frame 2 seperti gambarr di bawah ini:


16. klik frame 1 dan tekan F9. Pada panel actions yang muncul masukkan script berikut:
Silahkan copy saja

1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
31
32
33
34
35
36
37
38
39
40
41
42
43
44
45
46
47
48
49
50
51
52
53
54
55
56
57
58
59
60
61
62
63
64
65
66
67
68
69
70
71
72
73
74
75
76
77
78
79
80
81
82
83
84
85
86
87
88
89
90
91
92
//menghentikan agar tidak memainkan frame berikutnya
stop();
//membuat variable mulai dengan nilai false
mulai = false;
//membuat variable kecepatanX dengan nilai 12
kecepatanX = 12;
//membuat variable kecepatanY dengan nilai 12
kecepatanY = 12;
//membuat variable jumlahItem dengan nilai 0
jumlahItem = 0;
//membuat variable jumlahMax dengan nilai 20
jumlahMax = 20;
//membuat variable waktu dengan nilai 0
waktu = 0;
//membuat variable skor dengan nilai 0
skor = 0;
//ketikan tekanan pada movie clip pemain dilepaskan
pemain.onRelease = function() {
        //movie clip pemain tidak dapat ditekan
        pemain.enabled = false;
        //ubah nilai variable mulai menjadi true
        mulai = true;
};
onEnterFrame = function () {
        //tampilkan tulisan Score : dan nilai variable skor pada dynamix text skorGame
        skorGame = "Score : "+skor;
        //jika variable mulai bernilai true
        if (mulai) {
               //hilangkan kursor mouse dari stage
               Mouse.hide();
               //movie clip pemain dapat didrag dengan batas atas 10, batas kanan 390, batas bawah 390, dan batas kiri 10
               startDrag(pemain, true, 10, 10, 390, 390);
               //nilai rotasi pemain ditambah 10
               pemain._rotation += 10;
               //jika koordinat y movie clip bola berada lebih dari/sama dengan 380 atau koordinat Y kurang dari/sama dengan 20
               if (bola._y>=380 || bola._y<=20) {
                       //negatifkan nilai variable kecepatanY
                       kecepatanY = -kecepatanY;
               }
               //jika koordinat x movie clip bola berada lebih dari/sama dengan 380 atau koordinat X kurang dari/sama dengan 20
               if (bola._x>=380 || bola._x<=20) {
                       //negatifkan nilai variable kecepatanX
                       kecepatanX = -kecepatanX;
               }
               //koordinat x bola ditambah nilai variable kecepatanX
               bola._x += kecepatanX;
               //koordinat y bola ditambah nilai variable kecepatanY dibagi 2
               bola._y += kecepatanY/2;
               //jika movie clip bola menabrak movie clip pemain dan frame yang dimainkan berada pada frame 1
               if (bola.hitTest(pemain) && _currentframe == 1) {
                       //mainkan frame 2
                       gotoAndPlay(2);
                       //movie clip pemain tidak dapat di drag
                       stopDrag();
                       //tampilkan kursor mouse
                       Mouse.show();
                       //ubah nilai variable mulai menjadi false
                       mulai = false;
               }
               //jika nilai variable jumlahItem kurang dari nilai variable jumlahMax
               if (jumlahItem<0) {
                               //nilai variable kecepatanX dikurangi 0.5
                               kecepatanX -= 0.5;
                       }
                       //jika nilai variable kecepatanX lebih dari 0
                       if (kecepatanX>0) {
                               //nilai variable kecepatanX ditambah 0.5
                               kecepatanX += 0.5;
                       }
                       //jika nilai variable kecepatanY kurang dari 0
                       if (kecepatanY<0) {
                               //nilai variable kecepatanY dikurangi 0.5
                               kecepatanY -= 0.5;
                       }
                       //jika nilai variable kecepatanY lebih dari 0
                       if (kecepatanY>0) {
                               //nilai variable kecepatanY ditambah 0.5
                               kecepatanY += 0.5;
                       }
                       //ukuran pemain ditambah 1
                       pemain._xscale += 1;
                       pemain._yscale += 1;
                       //hapus movie clp ini
                       this.removeMovieClip();
               }
               //jika frame yang dimainkan tidak berada di frame 1
               if (_currentframe != 1) {
                       //hapus movie clip ini
                       this.removeMovieClip();
               }
        };
}

17. Klik frame 2 dan pada panel actions masukkan script berikut:
Silahkan copy saja

1
2
3
4
5
6
7
8
9
//menghentikan agar tidak memainkan frame berikutnya
stop();
//tampilkan tulisan Score : dan nilai variable skor pada dynamix text skorAkhir
skorAkhir = "Score : "+skor;
//ketika tekanan pada button mainLagi_btn dilepaskan
mainLagi_btn.onRelease = function() {
        //mainkan frame 1
        gotoAndPlay(1);
};


18. setelah selesai Silahkan anda lihat hasilnya dengan menekan ctrl+enter
            selamat mencoba.,..,good luck



TUTORIAL TERBARU:

3 Responses to "TUTORIAL MEMBUAT GAME SEDERHANA MENGGERAKAN BOLA MENGGUNAKAN MOUSE"