teknik fotografi-macam macam lensa kamera dslr dan fungsinya

TEKNIK FOTOGRAFI MENGENAL MACAM-MACAM LENSA DSLR

Assalamualaikum. OKe Ketemu lagi dengan saya di pondok tutorial multimedia..oke, kali ini kita akan membahasmengetahui jenis-jenis lensa DSLR.

Saya berharap artikel kali ini bermanfaat buat temen-temen semua.
OKe yang pertama harus di ketahui bersama memang benar ya, bahwa yang memnentukan bagus atau tidak nya sebuah akhir foto itu adalah seoraang photographer

tetapi di dalam dunia digitai seperti ini, dengan banyaknya fitur-fitur yang di tawarkan oleh kamera DSLR dan lensa-lensa nya.
sebuah peralatan juga sangat penting dalam peranan penting untuk seorang photografer dapat menghasilkan hasil ynag maksimal seperti ynag di inginkan.

naaaah, setelah anda mempunyai sebuah body kamera DSLR, maka saatnya untuk investasi(memiliki 3 lensa dasar).
naaah di bawah ini akan saya share sedikit beberapa jenis kamera dasar yang harus(kalau bisa) kita memilikinya.  

di sini hanya ada 3 jenis lensa kamera yang terbukti akan memberikan sebuah keuntungan saat melakukan fotografi dan keuntungan bagi perjalanan fotografi

1. yang pertama ada lensa medium

lensa medium ini adalah sebuah type lensa yang paling-pualing umum untuk sebuah kamera DSLR, dan pada umumnya banyak di gunakan untuk foto-foto mid range.
jenis lensa medium ini juga bisa menangkap seperti apa yang bisa kita lihat. sehingga membuat lensa ini ssebuah alat yang sempurna dalam pemotretan.

naaaah, jika anda ingin membeli lensa medium ini, saran. terbaik beli ynag ukuran 55mm dengan f/18. oke?....



2. lensa wide angel 

lensa ini kebanyakan untuk memotret sebuah pemandangan yang lebar dan dengan jarak yang terbatas( misalkan jika anda tidak begitu bisa mundur untuk bergerak lebih jauh dan untuk mendapatkan pandangan melebar) . 
tapi ingat lensa ini juga bisa di gunakan

untuk dapat menghasilkan lebih banyak kedalaman untuk dapat menghasilkan foto perspektif yang menarik.


3. Lensa telephoto
naah, hal ini pasti kerren sekali jika anda dapat memotret seekor burung kecil yang sedang bertengger di sebuah ketinggian di pohon atau anda bisa memotret candid dari jarak yang aman dan nyaman sehingga objek tersebut tidak mengetahui kehadiranmu.

naah,,jika anda ingin bisa memotret seperti yang di gambarkan di atas, dimungkinkan oleh sebuah lensa telephoto yang secara nyaman akan membuat objek yang sangat-sangatlah jauh jadi tampak terlihat dari dekat.
naaah, lensa ini hebat dalam bisang kompres ruang dan menunjukan sebuah preposisi yang benar dan baik. naaah, ada saran gunakanlah canon 85mm f/1.8 karena ini sapat memberikan sebuah depth of field yang sangat indah dan bagus..




naaah, sebelum anda membeli sebuah lensa-lensa kamera ini, maka simak dulu .berikut sedikit tips untuk membeli lensa DSLR.

1. hal yang pertama "pahami dahulu kebutuhan" -naaah, pada tips pertama ini anda pahami dahulu , foto macam apa yang akan/ingin anda ambil.?
apakah anda hanya fokus pada landscape atau?....portrait. naaah, jika kamu. mempunyai ide yang bagus dan jelas tentang pilihan fotografi anda , maka hal ini akan memudahkan anda untuk menemukan lensa DSLR yang baik dan tepat untuk kebutuhan fotografi anda.

2. hal yang ke dua ini, anda baca beberapa review-naaah, pada tips ini anda rajin-rajinlah browsing dan baca review hands -on dari beberapa pakar lensa dan kamera, kemudian anda lihat-lihat beberapa hasil dari jepretan kamera yang anda cari naah, tips ini untuk membantu anda dalam menentukan merk dan ukuran yang sangat cocok untuk anda/lensa yang akan anda pakai.

3. hal yang ke 3 ini anda bandingkan harga-naaaah, tips kali ini anda jangan pernah berfikir bahwa kualitas sebuah lensa kamera DSLR hanyalah berdasarkan pada harga saja.
pada saat anda mencari sebuah lensa kamera yang baik dan sempurna, kemudian anda perhatikan fitur-fiturnya,kemudian anda bandingkan harga dan merk yang lain yang juga memiliki fitur yang sama. naaah, mungkin pada hal ini semacam sedikit ,erepotkan anda, tapi kan haslnya akan sangat bagus dan sepadan?....hehe

naah, jadi begini....kamera DSLR itu pastinya adalah sebuah alat yang hebat banget ya,,menurut saya. hehe. untuk hal fotografer yang modern seperti ini.
tapi?...ada tapinya, 
hal ini bukalah alasan untuk menjadi korban dari bujuk rayu iklan. Berpikirlah selalu dengan jernih, kemudian anda pelajari dahulu dasar-dasarnya lalu evaluasi pilihan anda naaaah, menurut saya ini adalah cara yang terbaik untuk mrndapatkan sebuah lensa kamera DSLR yang paling baik dan memuaskan untuk anda.

OKe,,,temen-temen berikut akan kita bahas/kita ketahui jenis-jenis saja dan lensa lensa DSLR. langsung saja di SIMAK DI BAWAH INIIIII...



Dibawah ini sedikit ulasan yang akan mengulas macam-macam dan jenis-jenis lensa kamera DSLR yang ditawarkan di pasaran para produsen kamera.

Naah Pada kesempatan saat ini kita tidak akan membahas sebuah lensa secara detail dan rinci tetapi kita akan sedikit memberikan sebuah pengantar singkat terhadap istilah-istilah serta macam-macam dan jenis lensa yang ada di pasar DSLR Yang bisa menjadi untuk pertimbangan sobat semua ketika terjun untuk membeli lensa DSLR .

oke ...Perlu cepat ingat bahwa kebanyakan Sebuah kamera DSLR yang beredar Tidak semuanya kamera itu full frame, dan Sensor yang dimiliki pada umumnya berukuran lebih kecil dan dapat di bandingkan dengan kamera full frame yang itu berarti hasil dari lensa tidak berdampak sama seperti pada yang berjenis full frame atau pada kamera film.

Di bawah ini akan kita ulas sedikit tipe dan macam-macam lensa DSLR



Lensa standart
naaah, Ini adalah sebuah istilah perlahan-lahan sedikit demi sedikit menghilang dari terminologi 2 program yang digunakan untuk mendeskripsikan sebuah lensa dengan 50 mm. lensa ini biasanya sudah terpasang/bawaan pada kamera film.

lensa prime/lensa pix. 
Lensa ini merupakan sebuah lensa hanya memiliki satu fokal-lenght. Dan biasanya masa ini menjadi sebuah lensa yang kurang begitu populer di mana para fotografernya merasa tidak begitu kenyamanan dengan sebuah lensa yang memiliki range tangan pengguna. itu biasanya?...
Tapi bagaimanapun juga lensa fix Ini layar dan bagus untuk dipertimbangkan.  lensa zoom Rumah sakit dan memiliki Keuntungan pada sebuah kualitas yang mereka tawarkan tapi lensa ini juga dikenal sebagai dengan kualitas gambar serta kecepatannya. Ketika banyak orang nyaman dalam menggunakan lensa zoom. tapi sebagian orang keballikanya lebih suka dan nyaman menggunakan lensa fix. Dan mereka dapat membawa sesuatu dalam dunnia fotographer mereka sandiri….

Lensa kit.
saat ini kebanyakan lensa sudah menjadi satu paket dengan sebuah kamera DSLR yang banyak di jual. biasanya lensa ini di sebut dengan lensa kit. lensa yang seperti ini kebanyakan merupakan lensa zoom. secara fungsional Dikenal juga sebagai lensa multi-purpose yang benar-benar didesain untuk sebuah kepentingan pemotretan sehari-hari dan setiap waktu.maka fotographer  yang profesional mereka selalu  upgrade lensa kamera mereka Setiap sesuai dengan kebutuhan  yang mereka butuhkan.

Lensa zoom/tele.
naaah, lensa tele sepeti ini merupakan lensa DSLR yang paling sangat populer pada saat ini. datang dan hadir konfigurasi range focal length  Dan sebuah tingkatan kualitas. Keunggulan yang paling banyak dan terlihat dengan menggunakan lensa ini yaitu anda tidak perlu mendekat ke objek atau subjek untuk hanya mendapatkan framming yang lebih kuat dan lebih ketat.
Lensa seperti ini bisa memberikan sebuah range pendak dan yang cukup panjang. naaah, Hal yang anda perlu ingat ketika membeli kamera ini Adalah semakin panjang focal length Maka juga akan semakin berdampak pada kamera shake. contoh camera dengan focal lenght yang cukup jauh seperti 300mm telah terdapat fasilitas dengan image yang stabil(is) dan untuk mengurangi camera shake.

Lensa makro
lensa ini sudah di desain khusus untuk memotret/mengambil gambar /objek secara close up, naaa, banyak Kamera DSLR yang sudah dilengkapi dengan pengaturan makro, tapi menggunakan sebuah lensa makro yang sebenarnya akan menghasilkan sebuah foto yang lebih hidup dan memungkinkan anda untuk memotret dengan ukuran yang sangat dekat dan tetap pada sebuah objek atau subjek tersebut .

Lensa wide
naaah, sudah seperti namanya, lensa yang ini sangat memungkinkan pada penggunanya untuk dapat memotret dan dapat mendapatkan prespektif yang bagus dan sangat luas. naaah, temen-temen , lensa wide ini biasanya kebanyakan di gunakan pada saat pemotretan landscape. lensa wide ini hadir dengan focal lenght seperti lensa fix dan lensa zoom , walaupun lensa  ini hanya sedikit memiliki sedikit range pada focal range nya, 

naah harus di perhatkan banyak lensa wide sedikit dan banyaknya dapat memberikan effect “distort” pada hasil gambar/hasil foto. terutama kebanyakan pada tepi foto dengan bentuk yang agak sedikit melengkung.tapi bagi beberapa orang effect tersebut bisa menjadi sebuah effect yang bagus . tetapi terlkadang juga berarti effect yang tidak di inginkan..

naaah, ada sedikit ulasan. lensa fish eye merupakan sebuah lensa extreme dari lensa wide, yang di mana lensa ini hanya dan di desain khusus untuk memberikan sebuah effect distort atau lengkung pada hasil foto temen-temen semua..tapi...sekali lagi hal tersebut terganting siiih, pada gaya dan kepribadian seorang fotographer…

naaah, selesai deeh,,,maaf ya kawan-kawan jika banyak kesalahan dalam penulisan dan susunan kata yang saya tulis di artikel kali ini, semoga bermanfaat ...dan tunggu artikel selanjutnya,,,kita jumpa lain waktu,,,,see you

terimakasih telah berkunjung ,,,dan jangan lupa di comment ya..saya sangat senang jika ada coment, kritik dan saran temen-temen semua….terimakasiih.

WASSALAM




TUTORIAL TERBARU:

1 Response to "teknik fotografi-macam macam lensa kamera dslr dan fungsinya"