CARA MEMBUAT GAME TEBAK JAWAB DENGAN FLASH

CARA MEMBUAT GAME TEBAK JAWAB DENGAN FLASH

Assalamualaikum temen-temen, okey, gmana kabarnya mas brow?
Semoga baik-baik aja ya, okehh,

kali ini kit akan membahas tutorial tentaaaaaang . treteretetteeeeeeet, cara membuat game tebak jawab. Yeeeeaaah .,.,.menggunakan software flash. 
Oke mas brow kesuwen kakean ngomong, langsung saja mas brow kita bahas tutorial kali ini . oke langkah pertama yang harus anda lakukan adalah buka software flash .
terserah anda menggunakan macromedia ataupun adobe .intinya sama saja.,.,

Langkah 1.
Buat document baru dengan ukuran 400X400

Langkah 2.
Klik tombol insert layer pada saat timeline muncul sebanya 2 kali.  nah jika anda klik tombol trsebut pada timeline tersebut terdapat 3 buah layer yang muncul.

Langkah3.
kemudian anda Ubah nama 3 buah layer yang tadi muncul tersebut menjadi nama  Label, Script,dan  Objek. Kemudian Klik pada frame 1 layer dan objek agar anda aktif di layer tersebut dan kemudian di stage, anda  buatlah sebuah objek gambar Persegi panjang seperti gambar di bawah ini 






langkah4.
Seleksi pada frame 7 di seluruh layer dan kemudian anda tekan F7. Kemudian Seleksi di frame 13 seluruh layer kemudian tekan F7. 
Kemudian anda Seleksi frame 20 seluruh layer kemudian tekan F5.
Langkah5.Anda Klik pada frame 1 layer Label kemudian tekan Ctrl+F3. 

Nah,,,,Pada panel properties yang muncul, anda masukkan menu dalam kotak Frame Label.

Langkah6.
Klik pada frame 7 layer label dan pada panel properties anda masukkan nama game sebagai frame label.kemudian Klik frame 13 layer label dan ada di panel properties kemudian masukkan game over sebagai frame label tersebut.


Langkah7.
Jika semua cara di atas sudah anda lakukan, maka hasilnya akan seperti gambar di bawah ini.,.,ceng creeeeeng.,.,hehehe

Langkah8.
oke brow, kemudian anda Klik pada frame 1 layer objek itu agar anda aktif di layer tersebut brow. Okeeh, Kemudian Buatlah sebuah static text dengan ukuran huruf  Cuma, 30 . gk boleh di tawar, hehe...dan beri tulisan(nama) Tembak Jawaban.oke?

Langkah9.
kemudian masbrow Buatlah sebuah static text ya,,,dengan ukuran huruf di sini saya kasih hanya 19 dan anda beri tulisan(nama) Jawablah soal-soal dengan benar dengan cara mengklik jawaban yang sudah ada di sini. Dan Segeralah anda klik jawaban yang muncul sebelum jawaban menghilang.okey?.,.,.,.,

Langkah10.
kemudian masbrow yang  ganteng, anda Buatlah sebuah static text lagi dengan ukuran huruf  hanya 25. Murah kan?.,.hehe dan anda beri tulisan(nama) Mulai. Kemudian mas brow...anda Buat sebuah objek gambar persegi panjang dengan panjang dan lebar yang sama dengan panjang dan lebar sama dengan static text yang bertuliskan Mulai.

Langkah11.
langkah selanjutnya anda Letakkan objek yang tadi persegi panjang tersebut taruh ditengah-tengah static text yang bertuliskan(nama) Mulai.okeh,,kemudian anda Seleksi objek tadi, persegi panjang dan static text yang bertuliskan(nama) Mulai tadi kan dan kemudian anda tekan F8. Kemudian Pada panel yang sudah muncul anda masukkan mulai_btn sebagai name nya dan button sebagai type...okey mas brow, kemudian anda tekan ok.

Langkah12
okey brow, kemudian langkah yang harus anda lakukan Seleksi tombol button mulai_btn di stage kemudian pada di  panel properties anda masukkan tulisan atau anda tulis mulai_btn sebagai instance namenya.

Langkah13.
okeeh, kemudian mas brow, anda Letakkan seluruh objek di frame 1pada layer objek lihat gambar di bawah ini. Nahh seperti ini :
Langkah14.
kemudian anda Klik  pada frame 7 di layer objek nahh, itu agar anda aktif di layer tersebut. Dan kemudian buatlah sebuah static text ini dengan ukuran huruf hanya 25 gk boleh di nego.hahaha..dan kemudian beri tulisan Nilai :

Langkah15.
nah, di langkah kali ini anda Buatlah 2 buah dynamic text nah .,.,pada masing-masing panel properties ini anda bisa memasukkan nilai dan soal_tampil kepada kotak var

Langkah16.
okey, kali ini Buatlah 4 buah dynamic text okey?.,. dangan panjang, dan lebarnya yang sama dan masing-masing pada panel properties anda masukkan jawaban1 dan jawaban2dan jawaban3 dan jawaban4 di dalam kotak var dan serta jawaban_mc1,dan jawaban_mc2, jawaban_mc3 dan jawaban_mc4 itu semua sebagai instance name.kemudian Berikan sebuah nama var dan instance name nya, ya,,,itu secara berpasangan dan misalnya anda memberikan jawaban1 itu sebagai var nahh maka anda harus masukkan jawaban_mc1itu sebagai instance namenya...oke brow?.,.,.

Langkah17
 kemudian anda Buatlah sebuah invisible button catatan harus dangan panjang dan lebar sama ya,,,,, dengan panjang dan lebarnya dynamic text ber var di jawaban1. Kemudian anda Seleksi invisible button tersebut kemudian tekan Ctrl+D harus sebanyak 3 kali. okheee?,,,,

Langkah18.
Nah,,,,Sehingga di stage yang muncul 4 buah invisible button. Nahh, pada panel properties ini masing-masing invisible button ini anda masukkan inv1,dan inv2,dan inv3,dan inv4 didalam kotak instance name nya ya.,.,

Langkah19. 
kemudian anda Letakkan ke empat buah invisible button ini. ke tepat di tengah-tengah ke empat dynamic text yang ber var jawaban1,dan jawaban2,da jawaban3,dan jawaban4. Kemudian anda Letakan pada sesuai nomornya .nahh, misalnya.... invisible button dangan instace name inv1 dan diletakan ini di tepat ditengah-tengah dynamic text yang ber var jawaban1.
Langkah20. kemudian Letakan seluruh objek nya di frame 7 layer objek....jika sudah di lakukan semua pastikan gambar  seperti gambar di bawah ini :

Langkah21.
kemudian pada langkah ini anda Klik frame 13 layer objek, nahh, ini agar anda aktif di layer tersebut. Kemudian anda Buatlah sebuah static text pastikan dengan ukuran huruf 25 dan anda beri tulisan Nilai Anda....okhe?.,.,

Langkah22
kemudian anda Buatlah 2 buah dynamic text dan masing-masing pada panel propertiesnya anda masukkan nilai dan komen dalam kotak var yang muncul.

Langkah23
kemudian langkah kali ini anda Buatlah sebuah static text .ini dengan ukuran huruf hanya  25 dan kemudian anda beri tulisan Main Lagi. Lalu Buatlah sebuah persegi panjang dengan panjang dan lebarnya  sama dengan panjang dan lebar pada  static text bertuliskan Man Lagi.lanjut?.,..,

Langkah24.
 kemudian Letakkan persegi panjang tersebut ini ditengah-tengah static text yang bertuliskan Main Lagi. Kemudian anda Seleksi pada persegi panjang dan static text  yang bertuliskan Main Lagi tadi dan kemudian anda tekan F8.nah,, Pada panel yang muncul ini, anda masukkan mainlagi_btn. ini sebagai name dan button nya sebagai type kemudian tekan ok.

Langkah25. . nah, pada langkah kali ini anda Seleksi button mainlagi_btn yang ada di  stage dan pada panel properties, anda masukkan mainlagi_btn. ini sebagai instance name nya..

Langkah26.
kemudian anda letakkan seluruh objek di frame 13 layer objek. Jika sudah anda lakukan semua langkah-langkah di atas pastikan gambar seperti gambar di bawah ini :

Langkah 25.
nah pada langkah ini, kita akan bermain script. Anda klik frame 1 layer script dan tekan F9. Kemudian Pada panel actions yang muncul anda masukkan script berikut :


langkah 26. 
kemudian anda klik di frame 7di layer script dan kemudian pada panel actions lalu anda masukkan script di bawah ini:



langkah27.
kemudian anda klik oada frame 13 layer script dan di panel actions masukkan script berikut di bawah ini


OKe, selesai akhirnya,,,,jika sudah selesai. dan ingin melihat hasilnya tekan CTRL+enter.
terimakasih telah membaca artikel tutorial kali ini , penulis mohon maaf jika ada kesalahan dalam penulisan. semoga bermanfaat....
Wassalam

TUTORIAL TERBARU:

0 Response to "CARA MEMBUAT GAME TEBAK JAWAB DENGAN FLASH"

Post a Comment