CARA MUDAH RESET ULANG SMARTPHONEDENGAN MUDAH SEPERTI BARU DARI PABRIK


CARA MUDAH RESET ULANG SMARTPHONE ANDROID DENGAN MUDAH SEPERTI BARU DARI PABRIK


 Assalamualaikum Wr.Wb pada kesempatan kali ini kita akan membahas sedikit cara/tutorial seputar android dengan mudah.

pada umumnya factory reset dapat di lakukan melalui mwnu settings(pengaturan)>privacy(privasi)>factory data reset (reset data dari pabrik). 
Namun bila kondisi handphone mas brow tidak mau start atau tidak mau masuk ke menu. 
Maka untuk melakukan factory reset, harus melalui recovery mode.(tergantung dengan type hanphone Android)

Berikut cara reset ulang Smartphone android dengan cara “recovery mode” akan sangat berguna bila mas brow mengalami hal-hal sebagai berikut
.1. Bila handphone android tidak bias start atau hanya berhenti di logo saja( biasa di sebut dengan “boot loop android”).hal ini bias di sebabkan oleh beberapa hal, misalnya akibat ada aplikasi yang error atau baru saja menginstal aplikasi yang tidak kompatibel dengan tipe hanphone anda.(dalam banyak kasus. Biasanya setelah menginstall font changer).

2. Bila hanphone android dapat di nyalakan,nsmun tidak mau respon input dari pengguna.,isalnya layar android anda tidak mau di sentuh atau tidak mau masuk ke menu telepon

     3. Bila anda lupa PIN. Password atau anda terlalu banyak melakukan percobaan menggambar pola (pettern) pengunci ponsel android yang menyebabkan anda tidak dapat masuk ke menu
     4. Kerusakan-Kerusakan sotware android yang lainya

Untuk melakukan factory reset via recovery mode android. Anda harus mematikan dulu handphone /tabletnya. Tekan dan tahan beberapa tombol android secara bersamaan(misalnya untuk Galaxy young S5360 degan cara menekan tombol vol up + home+power secara bersamaan) dan anda akan masuk ke dalam recoverymode.
Cara masuk recovery mode tombol yang harus di tekan. Bias berbeda-beda antara satu type HP dengan type lainya.
Recovery mode tampilanya. Recovery mode tampilanya hanya berupa tulisan saja .
dan di dalam recovery mode pada umumnya anda tidak dapat menggunakan layar sentuhnya, Jadi untuk navigasi naik turun, biasanya menggunakan tombol volume(tergantung dengan type hanphone android)

Berikut contoh tampilan recovery mode android:
Recovery mode android















Tahap 2: Lakukan wipe data /Factory reset

Setelah masuk ke recovery mode, yang anda harus lakukan tinggal memilih fitur”wipe”data/factory reset” Setelah itu restart handphone anda.
Agar tidak bingung. Berikut contoh cara melakukan factory reset pada handphone android Samsung galaxy young.

1.       Pastikan baterai masih cukup banyak minimal 70%

2.       Matikan handphone

3.       Tekan dan tahan tombol volume Up+tombol HOME (tengah bawah)+tombol          power secara bersamaan selama beberapa detik >Anda akan masuk recovery      mode android.

4.       Dengan meggunakan tombol volume, arahkan kursor hingga berada di tulisan”     Factory reset /wipe data”

5.       Tekan tombol HOME untuk memulai proses>harapsabar saat proses                      berlangsung

6.       Reboot handphone
    Jadi, bila mengalami boot loop pada handphone android atau anda lupa akan       kata sandi atau pengunci pola handphone android. Yang perlu anda lakukan         hanyalah masuk ke recovery mode >lakukan factory reset/wipe data. Sekarang     yang menjadi masalah adalah banyak oang yang tidak mengetahui cara masuk     recovery mode tablet/handphone android miliknya.
    Berikut adalah cara masuk recovery mode beberapa type handphone android.       (di urutkan berdasarkan abjad merk handphone)
    Catatan: untuk masuk ke recovery mode, semuanya di lakukan dari kondisi           handphone mati (off)
ADVAN
T1c:

Tekan tombol POWER, setelah mulai start up, tekan tombol volume down hingga keluar gambar android dan segitiga+tanda seru /!\. setelah itu takan tombol HOME untuk masuk ke recovery mode. Bila tombol HOME tidak berfungsi coba tekan tombol MENU.

ACER

Acer be touch E210 dan acer liquid metal:
Tekan tombol volume down + Camera + Power secara bersamaan>ikuti petunjuk yang ada di layar.

CROSS
Cross A1 tabmate:
Tekan dan tahan tombol  vol down lalu tekan tombol POWER (Keduanya jangan di lepas sampai masuk recovery mode)
CROSS A6T Tabmate:

Tekan tombol home + volume up + tombol power
SAMSUNG

Samsung galaxy mini, Galaxy ace, galaxy gio, galaxy gio, galaxy fit:
Tekan tombol Home(tengah)+power, tunggu sampai muncul logo Samsung.\

Samsung galaxy pro:
Tekan tombol T+tombol power
Samsung galaxy Y(young) GSM:Tekan tombol vol up+tombol HOME +Tombol power secara bersamaan selama beberapa detik.

Samsung Galaxy Y(young) CDMA:Matikan HP>tekan tombol power, saat muncul logo Samsung>tekan tombol Vol up sampai masuk ke recovery mode .jika handphone menyala normal masuk ke menu seperti biasa. Matikan handphone lagi dan ulangi proses dari awal.

Samsung galaxy (wonder):
Tekan tombol vol up+tombol HOME (tombol tengah)+tombol power secara bersamaan>tunggu sampai keluar logo samsung. Lalu tekan tombol MENU(tombol sebelah kiri dari tombol HOME.

Samsung galaxy tab 7(P1000)/Tab plus(P6200): matikan tablet lalu tekan tombol volume UP +tombool power secara bersamaan sampailayar menyala.

Samsung galaxy note N7000:tekan tombol volume UP +HOME + power>tunggu sampai muncul tulisan galaxy note.setelah itu lepas ketiga tombol tersebut.
PERINGATAN!: Bagi anda yang menggunakan galaxy note dengan system operasi ice cream sandwich android 4.0x, sebaiknya jangan melakukan factory reset karena ROM ini menurut beberapa pengguna memiliki bug yang dapat merusak hp.

Samsung galaxy mini II S6500: Tekan tombol volume UP + volume Down +tomnol HOME +tombol power bersamaan.

Samsung galaxy chat GT-BH330: Tekan tombol down+Home+power.

Samsung galaxy ace plus:Tekan tombol volume UP + Volume Down+HOMe bersamaanlalu selagi ketika tombol tersebut di tekan. Tekan tombol POWER lalu langsung di lepas(jgn di tahan). Tunggu sampai masuk recovery baru lepas 
semua tombol.

SMARTFRENA Andromax:
Tekan dan tahan tombol power+volume down. Bila sukses masuk ke recovery mode, gunakan tombol volume UP/Down untuk memilih menu. Untuk melakukan pilihan tekan tombol MENU yang terletak di sebelah tombol HOME atau tombol touch screen yang bergaris 4.

TOMTom i20
Tekan tombol volume Up+power secara bersamaan.
Untuk kasus boot loop. 
Jika setelah di lakukan factory reset ternyata tidak menyelesaikan masalah(perangkat android tetep tidak bias masuk ke menu),
 Maka untuk mengatasinya pada umumnya dengan cara melakukan flashfirmware atau menginstall ulang system operasi handphone). 
Cara firmware tiap handphone atau tablet android bias berbeda-beda dari satu tipe dengan tipe yang lain. 
Bila anda ingin melakukan flash firmware dan ingin mengetahui caraya coba sialahakan cari informasi di forum-forum android, atau situs yang dapat di percaya.
Mungkin ini sedikit tips yang dapat saya tulis di artikel kali ini, apabila ada kesalahan kata yang tidak di sengaja saya mohon maaf, semoga bermanfaat……GOOD LUCK
















TUTORIAL TERBARU:

0 Response to "CARA MUDAH RESET ULANG SMARTPHONEDENGAN MUDAH SEPERTI BARU DARI PABRIK"

Post a Comment