LAPORAN UPK MULTIMEDIA
CD PEMBELAJARAN FLASH
BAB
I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Ujian praktik kejuruan (upk) multimedia
adalah salah satu syarat kelulusan yang harus di lakukan siwa-siswi kelas XII
dengan program kejuruan multimedia SMK
CORDOVA. Oleh karena itu, siswa-siswi smk cordova harus mampu menghasilkan
sebuah hasil dari syarat kelulusan tersebut. Dengan di adakan upk ini di
harapkan dapat menambah kreatifitas siswa dan kelak dapat menghasilkan karya
yang lebih baik.
Pemanfaatan teknologi dalam media
pembelajaran sudah sangat berkembang di bandingkan dari awal kemunculanya.
Teknologi saat ini berkembang sangat
pesat khususnya dalam bidang komputer,
Baik dari Software maupun hardware. Dengan adanya perangkat lunak yang cukup
mendukung dan cukup banyak pelaku
teknologi khususnya di dalam bidang
multimedia dapat menciptakan suatu objek yang dapat di gunakan di masyarakat
dan untuk menambah wawasan dalam bidang mencari ilmu melalui teknologi yang
semakin maju.
Untuk penyusunan proyek akhir ini
penulis mencoba menerapkan ilmu-ilmu yang diperoleh dari sekolah. Penulis
memanfaatkan Software Adobe Flash Professional CS 5 yang
terkenal unggul dibidang animasi interaktif dan di bantu dengan
software-software lain yang berbasis multimedia, dengan tambahan audio dan
efek-efek yang menarik.
Kali ini penulis memberanikan diri untuk
menciptakan sebuah karya produk multimedia yang atraktif yaitu
media pembelajaran cd interaktif
yang bertema belajar membaca bhs inggris untuk anak-anak, penulis
terinspirasi dari semakin majunya dan pentingnya bhs inggris di jaman yang
semakin maju dan ingin mengajarkan para anak-anak yang menjadi investasi bangsa
menjadi orang yang berilmu,berpengalaman dan berwawasan lebih luas sejak dini.
Cd interaktif pembelajaran ini di dalamnya terdapat cara membaca dan mengenal
obyek-obyek dengan bahasa inggris yang benar dan mengasyikkan, dan akan memberi
pembelajaran yang insyaallah berguna bagi pengguna(user).
SMK CORDOVA adalah sekolah menengah
kejurun yang berada di jalan polgarut selatan Km.4 kajen margoyoso pati. Dengan
program kejuruan multimedia, farmasi dan teknik sepeda motor.di bawah naungan
KH.Ahmad zakky fu’ad abdillah pengurus dari yayasan al-zahra hajain menjadikan
smk cordova satu-satunya sekolah di desa kajen yang berbasis pondok pesantren.
1.2 Tujuan pembuatan
proyek akhir
Tujuan di adakanya UPK pada siswa-siswi
adalah untuk mencetak pelajar agar,apa yang telah di dapatkan dari mata
pelajaran dalam keahlian multimedia dari kelas X sampai XII bisa di manfaatkan
dan di praktekan di depan para penguji. Sehingga siswa-siswi di tutut agar bisa
mempersiapkan materi secara matang. Dan tujuan yang ingin di capai penulis
dalam pembuatan CD Pembelajaran belajar bahasa inggris adalah: memberikan
pengetahuan lebih dari belajar bahasa inggris untuk anak-anak.
1.3 Manfaat Proyek Akhir
Pembuatan program aplikasi ini di
harapkann mampu memberikan informasi bagi
penulis ,sekolah maupun masyarakat luas.
a. Bagi
penulis
Mampu
menerapkan dan mengembangkan ilmu yang telah di peroleh di sekolah serta mampu
wawasasnn penulis tentang kajian-kajian yang di peoleh diluar lingkungan
sekolah untuk medukung pembuatan aplikasi ini.
b. Bagi
sekolah
Dapat dijadikan salah satu tolak
ukur,sampai di mana keberhasilan sekolah maupun misi dalam pengembangan proses
belajar mengajar
c. Pembaca
atau pengguna (User)
Menambah
pengetahuan bagi pembaca atau pengguan ayang memerlukan, khususnya di bidang
mulrimedia.
Dapat di jadikan
sebagai bahan ajaran, dan untuk menambah wawasan dan ilmu pengetahuan dasar
tentang hewan dan makananya.
1.4 Sistematika
Penulisan
Sistem penulisan ini terdiri dari beberapa
bab, yaitu
BAB
I: PENDAHULUAN
Bab
ini berisi latar belakang masalah, batasan masalah tujuan penelitian, Manfaat
penelitian metodologi penelitian dan sistematika penulisan
.
BAB
II: KONSEP BERKARYA/LANDASAN TEORI
Bab ini berisi tentang
pembahasan metode penciptaan karya dari pemilihan alat dan bahan, menguraikan
proses berkarya. Menampilkan identitas perangkat lunak dan perangkat keras.
BAB IV:PENUTUP
Bab ini berisikan
kesimpulan yang di peroleh dari pemecahan masalah maupun penelitian serta
saran-saran sebagai masukan untuk peneliti yang akan melanjutkan atau
mengembangkan penelitian.
BAB
II
LANDASAN TEORI
2.1 Teori jenis
karya
Teknologi multimedia iteraktif di
manfaakan untuk menampilkan gaya baru dalam memberikan informasi yang lebih
efisien untuk dapat di terima dan di pahami. Multimedia merupakan sarana media
informasi yang terdiri dari gabungan beberapa elemen yaitu texr, video, gambar,
dan audio
Jenis
karya yang di hasilkan penulis adalah cd
pembelajaran berbentuk CD
Yang
merupakan salah satu media promosi dan informasi yang lebih efisien dan cepat
di terima oleh seseorangkarena tampilanya yang sudah lebih baik di bandingkan deng n cd pembelajaran dengan
media cetak.
Keunggulan cd pembelajaran dalam bentuk CD
Interaktif
Beberapa Keunggulan Cd pembelajaran dalam bentuk CD Interaktif
Sebagai
berikut:
a. Keunggulan
CD Interaktif
Berikut
Beberapa keunggulan CD Interaktif:
Masing-masing data pada dasarnya akan
linked dengan data lain, tetapi hanya data yang mempunyai hubungan dengan data
pribadi saja yang aktif. Contohnya, meskipun didalam isi akan berisi file kelas
lain tetapi jika tidak mempunyai fasilitas linked maka data tidak dapat
tersaji.
b.
Full Color dan Hidup
Mulai dari Cover sampai dengan isi
album, setiap halamanya akan disajikan secara full color baik teks, gambar,
foto maupun video. Sama sama menggunakan video namun terdapat sedikit perbedaan
konsep disini. Fasilitas video dalam CD interaktif hanya akan aktif saat
di-klik, berbeda dengan video dalam VCD yang informasinya mengalir sesuai
scenario. CD interaktif didesain agar pengguna dapat secara aktif mengklik
informasi yang dibutuhkan saja. Sedangkan bentuk VCD hanya menempatkan kita
sebagai penonton. Dengan demikian, format CD interaktif ini akan lebih
memberikan nuansa hidup dan interaktif dalam warna-warni sesungguhnya.
c. Kapasitas besar
CD interaktif memberikan keunggulan
kapasitas informasi yang sangat besar. Dengan kapasitas sebesar 700 Mb,
memungkinkan untuk dapat memasukkan informasi aktif sekolah dengan berbagai
aspek organisasi dan data sekolah hanya dapat satu keping. Dengan kapasitas itu
jika dibuat dalam bentuk buku, maka akan memakan tempat dan biaya yang sangat
besar.
d.
kelemahan CD Interaktif
Dibalik keunggulan fitur-fiturnya
pengaplikasian CD interaktif juga mempunyai kelemahan. Sisi kelemahan terletak
pada masalah alat/tools. CD interaktif hanya dapat dinikmati dengan menggunakan
komputer (PC) atau Notebook dengan fasilitas CD-ROM, dan tidak dapat dinyalakan
menggunakan VCD Player, dimana sebagian besar masyarakat mempunyai VCD Player.
Namun format VCD juga kelemahan mendasar, yaitu hanya tersaji dalam satu
sequence waktu, tisak interaktif hanya kreatif, terutama untuk format personal.
2.2 Pengenalan
Software adobe flash cs 5
Berikut
ini adalah tampilan antarmuka Adobe flash cs5, Yang di gunakan oleh
penulis membuat proyek akhir.
Gambar 2.1 Tampilan antar muka
Feture
Terbaru pada Adobe flash cs5
1.
Productivity
Memiliki produktivitas yang lebih pada time line, yang disertai
effect Copy to Grid yang dapat mengcopy data lebih dari satu, distributed
duplicate, blur, drop, shadow, expand, explode.
2.
Rich
Media Support
Feature yang disediakan untuk melakukan presentasi multimedia
adalah High-Fidelity import, yaitu mengimpor file EPS, Aobe PDF dan Adobe
Illustrator.
3.
Publishing
Kemudian untuk mendeteksi versi Flash Player dan juga penempatan
file pada beberapa file pada beberapa director yang berbeda setiap file yang di
publish
Komponen / panel pada Adobe cs5
a. A. Tools
a. B. Properties
Gambar 2.3 Jendela properties
a.
Timeline
Mengatur kecepatan gerak animasi atau movie, Flash menggunakan
kecepatan 12 fps (Frame per second) yang berarti tiap satu detik
menjalankan 12 frame
Gambar 3.1 Tampilan awal
Gambar 2.4 Panel properties
a)
Help
Fasilitas
search membantu dalam menemukan dengan cepat tentang masalah cara menuliskan
script dengan Action Script.
b)
Library
Feature sebagai
penampung segala objek seperti Instance Button, Graphic, Movie Clip, dan Sound.
c)
Design
Panel
Panel yang akan
digunakan untuk mendesain suatu movie.
d)
Development
Panel
Development ini
lebih berguna untuk mengoperasikan script dalam web programming.
e)
Other
Panel
f)
Panel
yang ada di dalam panel ini tidak diperuntukkan bagi developing atau design.
g)
Toolbar
Pada
tool bar controller digunakan untuk mengedit scene, instance, dan
tampilan
untuk stage.
a)
Button
Adalah jenis symbol berupa objek statis (diam) atau objek beranimasi yang
berfunsi sebagai objek berupa tombol operasional untuk menjalankan
perintah-perintah tertentu.
b)
Movie
clip
Adalah jenis
symbol berupa objek-objek yang memiliki karakteristik sebagai objek yang
beranimasi.
BAB III
METODE PENCIPTAAN KARYA
3.I Identifikasi Perangkat Keras
Perangkat
Keras:
·
Prosesor : Intel ® Core ™ i3
·
RAM : 2.00 GB
·
Harddisk : 500 GB
3.2 Identifikasi Perangkat Lunak
Perangkat Lunak
System : Windows 7 – 64 Bit
Software
Pendukung : Adobe Flash CS 5
3.3 Identifikasi
Bahan
Dalam Proses Pembuatan CD Interaktif Pembelajaran
ini Penulis Menggunakan aplikasi Adobe
Flash CS 5 Secara Keseluruhan .
3.4 Skenario
Judul : Mengenal hewan dan makanya
Durasi :
Jenis Tayangan: CD
Interaktif Pembelajaran.
Format : Aplikasi
Skenario :
M. Arif. Ridwan
Sutradara : M. Arif. Ridwan
Tema : Belajar ipa dan mengenal hewan dan jenis
makananya
Ide Pokok :
Sebagai Sarana Pembelajaran yang menyenangkan dan menarik
3.5
Proses
atau prosedur berkarya
Mulai membuat
deesai pembelajaran dengan menggunakan software utama yaitu adobe Flash CS3
profesional. Penulis mendesain CD pembelajaran yang terdiri dari background, tombol,
animasi, dan sound.
a)
Design
Background Penulis mendesain background menyesuaikan dengan warna yang umumnya
disukai anak-anak
·
Tampilan
Opening
b)
Tampilan
Menu Utama
Gambar 3.2 Tampilan menu utama
c)
Tampilan
materi belajar
Gambar 3.3 Tampilan materi
pembelajaran
d)
Tampilan
bermain mengenal hewan
Gambar 3.4 Tampilan bermain
pengenalan hewan
e)
Tampilan
belajar mengenal tumbuhan
Gambar 3.5
Tampilan belajar mengenal tumbuh-tumbuhan
f)
Tampilan
Test/latihan soal
Gambar 3.6
Tampilan Test/latihan soal
Tampilan
Profil
Gambar 3.7
Tampilan Profil
·
Design
Sound
·
Sound
yang di gunakan adalah berupa sound untuk backsound dengan format mp3, sound
efek tombol dengan format mp3 sesuai materi yang disampaikan.
·
Membuat
CD Pembelajaran dengan software Adobe Flash cs5.Untuk mempermudah pembuatan CD
Pembelajaran penulis mengacu kepada sketsa / struktur file/story board.
·
Melakukan
finishing terhadap file yang telah dibuat, dengan cara mengecek teks yang sudah
ada, mengecek tombol-tombol, animasi, sound, image dan link antar muka. Setelah
semua benar dan cukup untuk diproduksi, file asli (.fla) dari Adobe Flash di
publish menjadi format exe
·
Memindahkan file-file yang berisikan file kedalam CD lalu
di burning menggunakan software tertentu dengan format data.
·
Mendesain
dan membuat CD cover box dengan menggunakan software Adobe Photoshop CS3 dan
Membuat CD label dengan menggunakan software CorelDraw X4.
·
Memasukkan
CD Pembelajaran yang telah di burning ke dalam kotak CD yang telah di desain
dengan covernya dan CD labelnya.
3.6 Storyboard
Storyboard adalah rencana visualisasi dari suatu cerita
yang merupakan inspirasi dan jiwa dari suatu film atau video. Storyboard
menjadi bagian yang penting dalam produksi sebuah film. Setiap gambar atau
sketsa berkaitan dengan semua informasi penting tentang masing-masing shot dan
mendefinisikan tampilan singular yang ingin dicapai.
0 Response to "LAPORAN UPK MULTIMEDIA CD PEMBELAJARAN FLASH"
Post a Comment