TUTORIAL MEMBUAT GAME SEDERHANA MENGGERAKAN BOLA MENGGUNAKAN MOUSE
Assalamualaikum….bertemu lagi dengan kita
semua, belajar bareng, kali ini kita akan membahas sebuah teknik membuat game
yang sederhana. Yaitu membuat game menggerakkan bola menggunakan maose
Permainan ini permainan sederhana yang sangat
mudah,intinya kita hanya mengambil crystal yang muncul dan sambil menghindari
bola yang sedang bergerak. Dengan kecepatan bola yang sedang bergerak dan
ukuran pemainan. Anda hanya cukup menggerakkan mouse anda saja. Mudah bukan?
Langkah 1.
Buatlah sebuah document flash baru dengan cara
, buka software flash anda kemudian create document lalu pilih flash document
Langkah 2.
Buatlah sebuah objek lingkaran dengan warna
sesuka anda, di sini saya menggunakan warna merah dan warna biru saya gunakan
sebagai warna garisnya, kemudian seleksi objek lingkaran tersebut kemudian anda
tekan f8. Kemudian pada panel yang muncul, lalu anda masukkan nama “bola”
sebagai name dan buatlah objek bola ersebut menjadi movie clipt. Dengan cara
seleksi objek lingkaran tersebut kemudian tekan tombol f8 lalu plih movie
clipt, kemudian tekan tombol ok
Langkah3
Kemudian anda seleksi
object lingkaran yang sudah di movie clipt, kemudian anda tekan ctrl+f3,
kemudian pada panel properties yang muncul kemudian masukkan nama bola sebagai
instance name
Langkah 4.
Kemudian buatlah sebuah kotak yang
di sini saya menggunakan warna biru dan warna hitam sebagai warna garis.
Kemudian anda seleksi dengan menekan tombol ctrl+f8. Kemudian pada panel yang
muncul anda masukkan “pemain” sebagai nama dan sebagai movie clipt
Langkah5.
Kemudian anda Seleksi movie clip pemain di stage dan di panel properties kemudian masukkan nama pemain sebagai instance name.
Langkah6.
kemudian anda buatlah objek berbentuk belah ketupat dan beri warna, di sini saya memberi warna putih dengan hitam sebagai warna garisnya.kemudian anda Seleksi objek belah ketupat ini dengan cara tekan f8.kemudian Pada panel yang muncul masukkan item sebagai name dan movie clip sebgai type. kemudian tekan ok.kemudian anda Hapus movie clip item dari stage
Langkah5.
Kemudian anda Seleksi movie clip pemain di stage dan di panel properties kemudian masukkan nama pemain sebagai instance name.
Langkah6.
kemudian anda buatlah objek berbentuk belah ketupat dan beri warna, di sini saya memberi warna putih dengan hitam sebagai warna garisnya.kemudian anda Seleksi objek belah ketupat ini dengan cara tekan f8.kemudian Pada panel yang muncul masukkan item sebagai name dan movie clip sebgai type. kemudian tekan ok.kemudian anda Hapus movie clip item dari stage
Langkah7.
Kemudian anda Tekan ctrl+L pada panel
library yang sudah muncul kemudian anda klik kanan pilih movie clip item
kemudian anda pilih linkage. Kemudian Pada panel yang muncul
anda berikan tanda contreng pada export far
actionScript dan masukkan item sebagai identifier setelah itu anda tekan ok.
Langkah8.
Kemudian Buatlah sebuah dynamic text. Kemudian anda seleksi dynamic text itu dan pada panel properties kemudian anda masukkan scor game sebagai far dan nonatifkan tombol selectable.
Kemudian Buatlah sebuah dynamic text. Kemudian anda seleksi dynamic text itu dan pada panel properties kemudian anda masukkan scor game sebagai far dan nonatifkan tombol selectable.
langkah9.
kemudian anda Letakkan seluruh objek yang telah di buat tadi seperti gambar di bawah
kemudian anda Letakkan seluruh objek yang telah di buat tadi seperti gambar di bawah
Langkah10.
kemudian anda Seleksi pada frame 2 kemudian tekan f7. Pastikan anda masih berada di frame2 kemudian buatlah 2 buah static text yang masing-masing bertuliskan game over dan pemain menabrak bola.
kemudian anda Seleksi pada frame 2 kemudian tekan f7. Pastikan anda masih berada di frame2 kemudian buatlah 2 buah static text yang masing-masing bertuliskan game over dan pemain menabrak bola.
Langkah11.
Buatlah sebuah dynamic text, seleksi dynamic text ini dan kemudian pada tombol panel properties masukkan scor akhir sebagai var dan nokatifkan tombol selectable.
Buatlah sebuah dynamic text, seleksi dynamic text ini dan kemudian pada tombol panel properties masukkan scor akhir sebagai var dan nokatifkan tombol selectable.
12. buatlah sebuah dynamic text bertuliskan
main lagi. Kemudian anda seleksi dynamic text betuliskan main lagi dan pada
panel properties nonaktifkan tombol selectable dan aktifkan tombolshoe border
around text.
13. pastikan anda masih menyeleksi dynamic text
bertuliskan main lagi kemudian tekan F8. Pada panel yang mncul masukkan
tulisan main lagi_btn sebagai name dan button sebagai type lalu
tekan ok.
14. seleksi button mail lagi_btn di stage dan
pada panel properties masukan main lagi_btn
Sebagai instace name.
15. Atur besar dan letak frame 2 seperti
gambarr di bawah ini:
16. klik frame 1 dan tekan F9. Pada panel
actions yang muncul masukkan script berikut:
Silahkan copy saja
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
31
32
33
34
35
36
37
38
39
40
41
42
43
44
45
46
47
48
49
50
51
52
53
54
55
56
57
58
59
60
61
62
63
64
65
66
67
68
69
70
71
72
73
74
75
76
77
78
79
80
81
82
83
84
85
86
87
88
89
90
91
92
|
//menghentikan agar
tidak memainkan frame berikutnya
stop();
//membuat variable
mulai dengan nilai false
mulai = false;
//membuat variable
kecepatanX dengan nilai 12
kecepatanX = 12;
//membuat variable
kecepatanY dengan nilai 12
kecepatanY = 12;
//membuat variable
jumlahItem dengan nilai 0
jumlahItem = 0;
//membuat variable
jumlahMax dengan nilai 20
jumlahMax = 20;
//membuat variable
waktu dengan nilai 0
waktu = 0;
//membuat variable skor
dengan nilai 0
skor = 0;
//ketikan tekanan pada
movie clip pemain dilepaskan
pemain.onRelease
= function()
{
//movie clip pemain tidak dapat ditekan
pemain.enabled = false;
//ubah nilai variable mulai menjadi true
mulai
= true;
};
onEnterFrame = function
() {
//tampilkan tulisan Score : dan nilai variable skor pada
dynamix text skorGame
skorGame
= "Score : "+skor;
//jika variable mulai bernilai true
if (mulai) {
//hilangkan kursor mouse dari stage
Mouse.hide();
//movie clip pemain dapat didrag dengan batas atas 10,
batas kanan 390, batas bawah 390, dan batas kiri 10
startDrag(pemain,
true, 10,
10, 390,
390);
//nilai rotasi pemain ditambah 10
pemain._rotation += 10;
//jika koordinat y movie clip bola berada lebih dari/sama
dengan 380 atau koordinat Y kurang dari/sama dengan 20
if (bola._y>=380 || bola._y<=20) {
//negatifkan nilai variable kecepatanY
kecepatanY
= -kecepatanY;
}
//jika koordinat x movie clip bola berada lebih dari/sama
dengan 380 atau koordinat X kurang dari/sama dengan 20
if (bola._x>=380 || bola._x<=20) {
//negatifkan nilai variable kecepatanX
kecepatanX
= -kecepatanX;
}
//koordinat x bola ditambah nilai variable kecepatanX
bola._x += kecepatanX;
//koordinat y bola ditambah nilai variable kecepatanY
dibagi 2
bola._y += kecepatanY/2;
//jika movie clip bola menabrak movie clip pemain dan
frame yang dimainkan berada pada frame 1
if (bola.hitTest(pemain) && _currentframe == 1) {
//mainkan frame 2
gotoAndPlay(2);
//movie clip pemain tidak dapat di drag
stopDrag();
//tampilkan kursor mouse
Mouse.show();
//ubah nilai variable mulai menjadi false
mulai
= false;
}
//jika nilai variable jumlahItem kurang dari nilai
variable jumlahMax
if (jumlahItem<0) {
//nilai variable kecepatanX dikurangi 0.5
kecepatanX
-= 0.5;
}
//jika nilai variable kecepatanX lebih dari 0
if (kecepatanX>0) {
//nilai variable kecepatanX ditambah 0.5
kecepatanX
+= 0.5;
}
//jika nilai variable kecepatanY kurang dari 0
if (kecepatanY<0) {
//nilai variable kecepatanY dikurangi 0.5
kecepatanY
-= 0.5;
}
//jika nilai variable kecepatanY lebih dari 0
if (kecepatanY>0) {
//nilai variable kecepatanY ditambah 0.5
kecepatanY
+= 0.5;
}
//ukuran pemain ditambah 1
pemain._xscale += 1;
pemain._yscale += 1;
//hapus movie clp ini
this.removeMovieClip();
}
//jika frame yang dimainkan tidak berada di frame 1
if (_currentframe !=
1) {
//hapus movie clip ini
this.removeMovieClip();
}
};
}
|
17. Klik frame 2 dan pada panel actions
masukkan script berikut:
Silahkan copy saja
1
2
3
4
5
6
7
8
9
|
//menghentikan agar
tidak memainkan frame berikutnya
stop();
//tampilkan tulisan
Score : dan nilai variable skor pada dynamix text skorAkhir
skorAkhir = "Score : "+skor;
//ketika tekanan pada
button mainLagi_btn dilepaskan
mainLagi_btn.onRelease = function() {
//mainkan frame 1
gotoAndPlay(1);
};
|
18. setelah selesai Silahkan anda lihat hasilnya dengan menekan ctrl+enter
selamat mencoba.,..,good luck
yang sudah jadi mana biar langsung saya download aja ;)
ReplyDeleteyang sudah jadi mana biar langsung saya download aja ;)
ReplyDelete